Apa Itu Media Cetak ?

Media Cetak adalah salah satu media massa yang menjadi sarana komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan hal-hal tertentu kepada masyarakat dalam bentuk cetak (dapat dipegang). Bentuk media cetak juga kebanyakan dari kertas atau sejenisnya dan ditulis menggunakan tinta.
Media cetak biasanya dibuat semenarik mungkin, dengan ciri-ciri praktis, mudah dibaca kapanpun dan dimanapun, bersifat massal, karena diproduksi untuk permintaan banyak, dapat ditemukan sampai daerah pelosok dan dapat disimpan sebagai arsip atau koleksi.
Berikut adalah beberapa macam media cetak yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari :

1. Koran Atau Surat Kabar
Koran merupakan media cetak yang paling berkembang di masyarakat. Sebuah koran dapat menjadi sarana komunikasi untuk berbagai topik seperti politik, sosial, hiburan, keuangan, saham, dan sebagainya. Koran juga dapat menyajikan sarana pengisi waktu senggang seperti TTS, Sudoku, puzzle, kartun, review film, review buku, musik, dan lain-lain.
Contoh Koran Atau Surat Kabar :

2. Majalah
Majalah adalah media cetak yang berisikan macam-macam artikel yang sangat menarik untuk dibaca, di dalam majalah biasanya memberikan topik topik terhangat dan memang disukai banyak orang. Bentuk majalah biasanya lebih unggul dibandingkan koran, sehingga wajar jika harga majalah menjadi lebih mahal.
Contoh Majalah :

3. Brosur
Brosur merupakan media cetak yang memuat informasi mengenai penjelasan suatu produk, baik berupa produk layanan, jasa, fasilitas umum, properti, dan lain sebagainya. Tujuan dari brosur pada umumnya adalah untuk sarana beriklan.
Contoh Brosur :

4. Poster
Poster adalah suatu hasil desain grafis yang memuat komposisi gambar dan tulisan diatas sebuah kertas, yang selanjutnya ditempelkena ke dinding atau bidang datar lainnya yang mudah dilihat oleh banyak orang. Poster bertujuan sebagai sarana pengumuman, ajakan, dan promosi. Jenis poster yang paling sering kita lihat adalah poster dilarang merokok, poster anti narkoba, dan lain-lain.
Contoh Poster :

5. Buku
Buku adalah kumpulan dari kertas yang dijilid menjadi satu, dan didalamnya terdapat tulisan maupun gambar. Setiap lembar kertas pada buku disebut halaman, buku merupakan sebuah media yang dibuat untuk memberikan informasi yang luas untuk menambah wawasan bagi pembacanya.
Contoh Buku :

6. Tabloid
Tabloid adalah surat kabar yang sama dengan koran, namun berukuran lebih kecil. penerbitannya pun tidak setiap hari, melainkan perminggu, duaminggi, dan lain-lain. Tabloid biasanya hanya memberikan berita sederhana seperti olahraga, dunia selebriti, dunia musik, kriminalitas, dan sebagainya. Walaupun demikian, peminat tabloid masih banyak, dan sekarang perusahaan produksi koran juga beralih membuat versi tabloid mereka.
Contoh Tabloid :

7. Pamflet
Pamflet adalah sebuah tulisan yang berisi tentang suatu informasi yang terdiri dari tulisan termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan.
Contoh Pamflet :
70Capture Pamflet Kabut Asap 2.JPG
8. Billboard
Billboard adalah media cetak yang berukuran besar sebagai bentuk promosi iklan. billboard banyak terlihat di tempat-tempat strategis dan ramai, misalnya di pinggir jalan, ditaman dll. untuk ketinggiannya bermacam-macam, ada yang di sekitar 2 meter -an sampai dengan 5 meter.
Contoh Billboard :
08.jpg
9. Handbill atau Flyer (Sebaran atau Edaran)
Sebaran atau edaran merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dicetak pada kertas berukuran kecil, ciri-cirinya adalah mudah dibawa, berwarna-warni, atraktif, dan mudah dibaca. Biasanya disebar pada orang-orang yang lalu lalang di jalanan.Surat edaran ini biasanya digunakan oleh restoran,supermarket, hotel, kampanye politik, konser, dan lain-lain.

sumber : http://zulfaayumalinda.blogspot.com/2017/05/macam-macam-media-cetak.html